oleh

Mengenal Sejarah Dan Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Bangka Belitung, sejarah, babel


Mengenal Sejarah Dan Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Provinsi Bangka Belitung atau orang sering menyingkatnya menjadi Babel, merupakan wilayah yang ada di Indonesia. Terdiri dua pulau yakni pulau Bangka dan pulau Belitung, serta aneka pulau kecil di sekitarnya seperti pulau Lepar, pulau Ponglok, pulau Mendanau dan pulau Selat Nasik. Tapi uniknya dari total 470 pulau hanya 50 saja yang dihuni oleh manusia, sisanya tak berpenghuni sama sekali.
Bangka Belitung, sejatah bangka belitung , peta babel

Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan harmoni antar etnis. Ibukota provinsi adalah Pangkalpinang. Pemerintah provinsi disahkan pada 9 Februari 2001. Setelah penunjukan Gubernur Bertindak adalah H. Amur Muchasim, SH (mantan Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri) yang menandai dimulainya kegiatan pemerintah provinsi.

Selat Bangka memisahkan Pulau Sumatra dan Pulau Bangka, sedangkan Selat Gaspar memisahkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Di bagian utara provinsi terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di timur yang dipisahkan dari Pulau Belitung oleh Selat Karimata.
Bagaimana Cara Pengenalan Kepulauan Bangka Belitung?
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelumnya merupakan bagian dari Sumatera Selatan, tetapi menjadi provinsi sendiri bersama dengan Banten dan Gorontalo pada tahun 2000. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000 tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 21 November 2000 yang terdiri dari Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung dan Kota Pangkalpinang.
Pada tahun 2003, berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2003 tanggal 23 Januari 2003, perluasan daerah dilakukan dengan penambahan 4 kabupaten yaitu Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah perluasan daerah dari Provinsi Sumatera Selatan.
Sebagian besar penduduk, terutama yang tinggal di daerah pesisir, sangat mengenal kehidupan laut yang kaya akan produk ikan laut. Berbagai makanan olahan yang terbuat dari ikan menjadi makanan sehari-hari penduduk.
Kekayaan laut adalah salah satu sumber mata pencaharian bagi penduduk Belitung. Sumber daya alam yang tak kalah penting bagi kehidupan masyarakat Bangka Belitung adalah timah. Bisnis penambangan timah telah dimulai sejak zaman Hindia Belanda.
Sejarah Provinsi Bangka Belitung
Jika ditinjau dari sejarahnya nama wilayahnya ini sempat berganti-ganti nama, terutama untuk pulau Bangka sendiri. Pada zaman kerajaan tempo dulu, pernah diduduki kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Kemudian Inggris menjadi ‘’Duke of Island’’.
Mengutip laman situs pemerintah setempat dijelaskan bahwa setelah daerah ini diduduki Inggris, kemudian diserahkan ke pihak pemerintah Belanda di Munto pada tanggal 10 Desember 1816. Diterangkan pula di sini jika pada masa itu sempat terjadi pertentangan sengit oleh seorang anak negeri melawan penjajahan asing bernama Depati Barin yang dilanjutkan sang anak Depati Amir. Namun tragis, keduanya berakhir di pengasingan yang terletak di Kupang Nusa Tenggara Timur.
Baru ditetapkan masuk sebagai provinsi di Indonesia yang ke-31 menutut ketetapan Undang-undang no 27 Tahun 2000 Tentang Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya merupakan provinsi Sumatra Selatan dengan ibukota Pangkalpinang.
Wilayah Kepulauan Bangka Belitung
Kepulauan Bangka Belitung memiliki batas wilayah sebagai berikut :
Sebelah utara Laut Natuna
Sebelah timur Selat Karimata
Sebelah selatan Laut Jawa
Sebelah barat Selat Bangka
Adapun keadaan alam sebagian besar berupa dataran tinggi lembah, sebagian kecil pegunungan serta perbukitan. Sedangkan untuk wilayah perairannya terbagi menjadi dua bagian yakni terbuka dan semi tertutup. Selain itu Bangka Belitung juga terdiri dari banyak sungai. 
Tentang Pembagian Administratif
administrasi bangka belitung, babel, kabupaten babelProvinsi Kepulauan Bangka Belitung terbagi atas 7 daerah setingkat kabupaten antara lain :
Provinsi Bangka Belitung Terdiri dari :
Kota Pangkal Pinang > Baca Selengkapnya
Kabupaten Bangka > Baca Selengkapnya
Kabupaten Bangka tengah > Baca Selengkapnya
Kabupaten  Bangka Selatan> Baca Selengkapnya
Kabupaten Bangka Barat > Baca Selengkapnya
Kabupaten Belitung > Baca Selengkapnya
Kabupaten Belitung Timur> Baca Selengkapnya

(Dilansir dari id.wikipedia.org)

www.fjbbabel.com


Komentar

News Feed