oleh

Cuaca dan Iklim Kepulauan Bangka Belitung

iklim dan cuaca bangka belitung
iklim dan cuaca
Cuaca dan Iklim Kepulauan Bangka Belitung!

Cuaca dan Iklim Kepulauan Bangka Belitung! Pada tahun 2007 kelembaban udara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 77,4% hingga 87,3% dengan rata-rata bulanan mencapai 83,1%. Dengan curah hujan antara 58,3 mm hingga 476,3 mm dan tekanan udara selama tahun 2007 sekitar 1.010,1 MBS. Suhu udara rata-rata selama tahun 2007 di provinsi ini mencapai 26,7 oC. Dengan rata-rata suhu udara maksimum 29,9 oC dan suhu udara minimum rata-rata 24,9 oC.
Suhu udara maksimum tertinggi terjadi pada bulan Oktober dengan suhu udara 31,7 oC. Sedangkan untuk suhu udara terendah yang terendah terjadi pada bulan Februari dan Maret dengan suhu udara 23,2 oC. Kepulauan Bangka Belitungmemiliki iklim tropis yang dipengaruhi oleh musim hujan yang mengalami bulan basah selama tujuh bulan sepanjang tahun dan bulan kering selama lima bulan terus menerus.

Bagaimana keadaan Cuaca dan Iklim Kepulauan Bangka Belitung?

Pada 2007, bulan-bulan kering terjadi dari Agustus hingga Oktober dengan hari hujan 11-15 hari per bulan. Untuk bulan basah, hari hujan adalah 16-27 hari per bulan, yang terjadi dari Januari hingga Juli dan November hingga Desember.
Terjadinya pemanasan global itu sendiri adalah karena peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi baik darat maupun laut. Efek pemanasan global terhadap terjadinya perubahan iklim sangat signifikan. Misalnya dari sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa pemanasan global dapat meningkatkan intensitas badai.
Selain itu, penyebab kondisi suhu yang dirasakan oleh kebanyakan manusia, termasuk suhu atau iklim di provinsi Bangka Belitung (Babel) juga dipengaruhi oleh faktor lain, seperti efek dari efek Rumah Kaca.
Efek rumah kaca adalah penyebab utama pemanasan global yang membuat bumi mengalami perubahan iklim. Selain itu, peristiwa efek rumah kaca terutama disebabkan oleh aktivitas manusia seperti polusi dari pabrik, polusi dari kendaraan bermotor dan juga dari sektor pertanian.
Segera setelah terjadinya perubahan iklim. Terasa panas di antara menipisnya Lapisan Ozon. Perlu dicatat bersama bahwa saat ini lapisan ozon di atmosfer Bumi menipis. Dan ini adalah salah satu penyebab perubahan iklim global. Itulah keadaan cuaca dan iklim di Kepulauan Bangka Belitung.(Dilansir dari id.wikipedia.org)
Artikel Terkait 

Demografi Kepulauan Bangka Belitung

Komentar

News Feed