oleh

Gerhana Matahari dan Kesehatan Mata

gerhana matahari


Saat terjadi gerhana matahari, mata akan bereaksi seperti melihat dalam kondisi gelap/redup. Kelopak mata membuka dan pupil melebar. Saat Bulan bergeser dan Matahari mendadak tidak bersinar lagi, mata kita dalam kondisi pertahanan yang kurang. Bila tidak hati-hati bisa terkena retinopathy.

Solar retinopathy adalah penyakit di sel-sel saraf di retina akibat menatap matahari dengan mata telanjang dalam waktu lama. Penyakit ini menimbukan kerusakan retina yang parah tanpa rasa nyeri. Bahkan, dapat menyebabkan kebutaan permanen.

gerhana matahari bangka belitung

Menggunakan handphone untuk foto selfie ataupun menggunakan kamera biasa dan menggunakan pelindung seperti kacamata belum cukup untuk melindungi mata dari kerusakan. Bila ingin berfoto selfie sebaiknya menggunakan kacamata khusus yang mampu menghalangi sinar matahari. Para ilmuwan menghimbau agar jangan melakukan selfie saat GMT.

Adapun tipsnya, sebelum-saat-sesudah proses gerhana, tidak menatap matahari secara langsung. Gunakan alat yang dilengkapi filter ultraviolet menjelang dan sesaat sesudah GMT.

Komentar

News Feed