oleh

Gunung Menumbing di Bangka Barat

Gunung Menumbing
Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Tak Boleh Dilewatkan Tempat Wisata di Bangka Belitung yang Tak Boleh Dilewatkan

menumbing bangka belitung
Pesanggrahan di Gunung Menumbing.

Terletak di Desa Air Belo, Mentok, Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung. Daerah yang dulunya dibangun oleh Kesultanan Palembang Darussalam pada masa kepemimpinan Sultan Sri Susuhan Mahmud Badaruddin I. Mentok merupakan lokasi pertambangan timah paling ramai di Pulau Bangka Belitung pada masa lalu. Gunung Menumbing merupakan wisata alam bangka belitung yang menunjukkan pemandangan alam yang indah yang sanggup Anda nikmati dari ketinggian 355-450meter di atas permukaan air laut.
Selain menunjukkan pemandangan alam yang sanggup memanjakan mata sepanjang Anda memandang, tempat wisata di Bangka Belitung ini juga menyimpan sejarah bangsa yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Pada puncak bukit Gunung Menumbing terdapat sebuah wisma yang menjadi tempat memorial sejarah bangsa Indonesia. Dibangun pada tahun 1932, wisma yang diberi nama Wisma Ranggam ini dipakai sebagai tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta. Pengasingan yang merupakan belahan dari Agresi Militer Belanda II ini berhasil menahan Bung Karno dan Bung Hatta dari bulan Februari sampai bulan Juli pada tahun 1949. Wisma Ranggam sampai dikala ini masih dalam kondisi yang terawat. Wisma ini dirawat oleh keturunan keluarga yang dulunya bertugas menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama masa pengasingan, yang mana keluarga ini juga merupakan keluarga dari Abdi Dalem Keraton Yogyakarta. Di depan wisma terdapat sebuah tugu besar yang dikelilingi oleh lima anakan tugu kecil. Tugu-tugu ini dibentuk sebagai simbol bahwa bangsa Indonesia telah terbebas dari cengkeraman Belanda.

Pantai Pasir Kuning Bangka Barat




Gunung Menumbing terletak cukup jauh dari Bandara Depati Amir yang terletak di kota Pangkal Pinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Diperlukan waktu sekitar tiga jam untuk mencapai tempat ini. Anda pun diharuskan untuk menyewa kendaraan beroda empat atau memakai kendaraan beroda empat langsung untuk mencapai tempat ini sebab masih belum tersedianya saluran transportasi umum. Pada kaki bukit Gunung Menumbing terdapat sebuah pos keamanan. Di pos ini Anda diwajibkan membayar Rp 30.000,- per kendaraan beroda empat serta menunggu giliran untuk memakai saluran jalan menuju puncak bukit sebab hanya terdapat satu saluran jalan untuk keluar dan masuk daerah puncak bukit.

Komentar

News Feed