oleh

Pantai Penyak Bangka Tengah

 Pantai Penyak Bangka

Pantai Penyak Bangka Tengah,beach bangka belitung

Terletak di Kecamatan Koba, tepi Jalan lintas Pangkalpinang-Koba, Panjangnya mencapai 3 km. Pantai ini menjadi salah satu tempat pemantauan ketika terjadi gerhana matahari total tahun 1986 yang dikunjungi oleh para pengamat gerhana dari dalam maupun luar negri. Kondisi pantai yang landai dan berada tepat di pinggir jalan raya merupakan daya tarik tersendiri sehingga selalu ramai dikunjungi ketika hari libur. Di pantai Penyak juga terdapat beberapa rumah makan yang dibangun di bibir pantai bahkan ada diantaranya yang berada di atas air. Jika berada di sini cobalah memesan menu andalan mereka yaitu lempah kuning ikan baung dan minum air kelapa muda. Rata-rata rumah makan yang ada mempersilakan pengunjung untuk mengambil sendiri makanan dan lauk pauk yang diinginkan. Selesai makan baru berhitung dengan jumlah yang harus dibayar.

Pantai Penyak Bangka Tengah,beach bangka belitung

Sejarah Desa Penyak
Pada zaman dahulu  penduduk desa Penyak sering didatangi perompak yang dikenal dengan nama  Lanon yang berasal dari seberang. Lanon ini sangat kejam selain membunuh mereka merampas harta benda milik penduduk dan menculik para dayang kampung kemudian datang lah orang sakti yang bernama abok PAGE dan abok PARANG yang berhasil melawan dan mengusir perompak tersebut. kesaktian keduanya yang mampu menarik akar-akaran yang panjang dan besar sehingga membentuk sungai yang sampai sekarang dikenal dengan nama sungai melangsat, daeng dan sungai Penyak. Abok PAGE dan Abok PARANG meninggal dan dimakamkan dikaki bukit tanjung Penyak yang sekarang dijadikan tempat pemakaman umum Desa Penyak. 

Pantai Penyak Bangka Tengah,beach bangka belitung

Nama Desa Penyak sendiri berasal dari kata Penyuak atauPenyu. Penyu adalah sejenis binatang melata, penyu yang bertelur dengan cara menggali pasir pantai dan menyembunyikan telurnya disepanjang pantai penyak dan banyak ditemukan oleh penduduk pada zaman itu. banyaknya penyu dipantai ini membuat para perompak menyebut kampung ini sebagai Penyak. posisi kampong Penyak yang berdekatan dengan laut dan tanjung Penyak yang berdiri bukit-bukit mempunyai daya tarik 

Pantai Penyak Bangka Tengah, beach bangka belitung


Artikel Terkait Beach tourism
tesendiri sehingga pada zaman penjajahan desa penyak tidak luput dari incaran penjajah. Para putra penyak yang tidak rela kampunya di jajah oleh para penjajah mengadakan perlawanan sehingga sampai saat ini dikenalah pejuang yang berasal dari Desa Penyak yaitu Kapten Basirun, Kopral Ali Tando, Abok Samsudin, Abok Rozali, Abok Sulai dan lain-lain. Awalnya Desa ini dikepalai oleh seorang gegading, yakni Gegading Matyasin. Mayoritas penduduk yang pada saat itu bermata pencaharian sebagai Petani dan Nelayan Berdasarkan sejarah pemerintahan desa, sampai dengan tahun 2016 sudah ada 18 periodesasi pergantian gegading/lurah/kepala desa. Desa penyak menjadi desa tersendiri melalui SK Gubernur Sumsel No. 141/786/PEM/1981, tanggal 10 Februari 1981.


Komentar

News Feed