oleh

Pantai Penyusuk Belinyu Bangka

pantai Penyusuk bangka, beach bangka belitung

Salah satu objek wisata bahari Pulau Bangka yang begitu mempesona adalah hopping island pulau – pulau kecil di sekitar Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka. Pulau – pulau ini terdiri dari 3 pulau cantik yaitu Pulau Putri, Pulau Lampu dan Pulau Mentigi, ketiga pulau ini tepatnya berada di depan pantai penyusuk Belinyu. Kecamatan Belinyu berada di sebelah utara kota Sungailiat yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Bangka. Letak kecamatan Belinyu cukup jauh, bila dari Bandara Depati Amir Pangkal Pinang dapat di tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Sedangkan bila dari Kota Sungailiat Kabupaten Bangka dapat di tempuh sekitar 90 menit perjalanan. Jarak tempuk dari Kecamatan Belinyu  menuju pantai penyusuk dapat di tempuh sekitar 30 – 45 menit perjalanan. Sebuah perjalanan yang melelahkan bukan ? Tapi sesampainya anda di Pantai Penyusuk dan Pulau Putri dan Pulau Lampu.
Baca Juga 
Pulau Lampu

Pulau Puteri (mengapa namanya Pulau Puteri)??
Pantai Penyusuk, Pantai ini terletak paling ujung utara Pulau Bangka atau lebih tepatnya Kota Belinyu, lebih kurang 6 km dari Pantai Romodong. Perjalanan dari kota Belinyu hanya memakan waktu sekitar setengah jam, atau jika dimulai dari ibu kota propinsi kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, perjalanan ditempuh kurang lebih 2 – 3 jam. Pantai ini bisa dikatakan unik, karena dipantai ini banyak terdapat batu-batuan yang lebih besar. Terletak di Desa Penyusuk kecamatan Belinyu dengan pantai yang landai dan alami serta dihiasi dengan bebatuan. Pantai ini banyak di kunjungi para wisatawan karena keindahan pantainya serta kejernihan airnya.Pantai Penyusuk di Belinyu ini tidak terlalu luas, bentangan pasirnya tidak sampai sepanjang 500 meter, dengan banyak tumpukan batu-batu besar di kanan dan kanan. 

pantai Penyusuk bangka, beach bangka belitung


Selain itu, terdapat sebuah pulau didepannya yang disebut dengan “Pulau Lampu” dan ” Pulau Puteri”. Disebut “Pulau Lampu” karena di pulau ini terdapat mercusuar pemandu kapal pada malam hari yang akan pergi berlayar dengan menerangi pandangan mereka dengan lampu yang terang. Pantai ini dihiasi dengan bebatuan alam yang besar dan kecil yang menjadikannya indah, ditambah lagi dengan air lautnya yang berwarna biru dan jernih.

Komentar

News Feed