oleh

Pantai Tapak Antu atau Tapak Dewa Bangka Tengah

Pantai Tapak Antu atau Tapak Dewa Bangka Tengah

Pantai Tapak Hantu Terdengar sedikit menyeramkan. Namun inilah pantai yang menjadi destinasi unggulan Desa Batu Belubang.Masyarakat setempat meyakini, Pantai Tapak Hantu berasal dari anggapan bahwa kawasan itu dulunya banyak dihuni makhluk gaib. Anggapan ini diyakini karena dulunya kawasan Pantai Tapak Hantu merupakan daearah rawa yang ditumbuhi semak belukar. “Ada yang menyebut Tapak Hantu dan ada juga menyebut Tapak Dewa. 

 Pantai Tapak Antu, atau  kadang-kadang disebut juga dengan Pantai Tapak Dewa, merupakan kawasan  pantai yang terletak di Desa Batu Belubang, Kabupaten Bangka tengah, sekitar 6 kilometer dari Bandara Depati Amir jika ditarik garis langsung. Untuk menuju pantai, harus melalui jalan kampong dan perumahan penduduk di Desa Nelayan Batu Belubang.

Batu yang menjadi nama pantai Tapak Antu
Dinamakan Tapak Antu (Tapak = Telapak ; Antu = Hantu) dikarenakan di salah satu batuan granit di pinggir pantai Tapak Antu terdapat lubang yang berbentuk telapak kaki kanan. 

Pantai Tapak Antu memiliki persil area yang banyak ditumbuhi pohon bakau.  Terdapat dermaga kayu diantara pepohonan bakau yang biasanya digunakan pada saat air pasang. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah karena terdapat banyak formasi batu granit raksasa di sisi pantai.
Baca Juga 

Danau Koalin / Kolong Biru Bangka Tengah

Komentar

News Feed