oleh

Pulau Puteri Belinyu Bangka

Pulau Puteri Belinyu Bangka

Pulau Puteri belinyu bangka, beach bangka belitung


Pulau Putri, mungkin bagi para wisatawan nama ini masih asing dimana letaknya. Tapi anda tidak perlu bersusah mencari karena pulau ini dapat ditempuh melalui di Pantai Penyusuk, Belinyu. Sebenarnya di Pantai Penyusuk sendiri ada 2 pulau yaitu Pulau Putri dan yang agak jauh pulau Lampu. Di Pantai Penyusuk, anda bisa melihat gugusan pulau – pulau kecil dari kejauhan. Pulau yang paling dekat dengan Pantai adalah Pulau Putri dan di belakangnya adalah Pulau lampu. Untuk menuju Pulau Putri ini anda bisa menyewa perahu nelayan setempat 
Pulau Puteri merupakan pulau yang sangat indah, menampilkan kejernihan laut yang sangat menawan. Didasarnya banyak terumbu karang dan ikan laut sehingga sangat cocok dijadikan tempat Snorkeling.
Kenapa namanya Pulau Puteri???
Para sesepuh, orang tua, atau para tokoh masyarakat di Bangka menduga, nama Pulau Putri diambil dari peristiwa seringnya penampakan seorang putri di pulau tersebut. Lalu, bagaimana kisah adanya wanita atau putri cantik di Pulau Putri yang sangat indah dan penuh pesona di kepulauan Bangka itu?

Pulau Putri atau The Princess Island yang berlokasi di dekat Pantai Penyusuk, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, menjadi primadona wisata Bangka, sama seperti Pulau Lengkuas di Kecamatan Sijuk, Belitung.

Namun, pulau kecil yang ditumbuhi pepohonan dan batu-batu karang yang kokoh dan menghitam dengan bibir pantainya yang ditumbuhi terumbu karang, menyimpan misteri yang bernuansa mistis dan angker. Masyarakat setempat meyakini ada penunggu di Pulau Putri itu, sebangsa jin yang sering menampakan diri dalam sosok seorang putri cantik itu.

Warga setempat sering melihat, apalagi ketika hari mulai gelap hingga larut malam. Sesosok wanita cantik sering terlihat oleh orang-orang yang datang ke lokasi itu untuk melihat dan menikmati keindahan alam di sekitar Pulau Putri.

Keindahan di sekitar Pulau Putri memang seperti sulit dilukiskan dengan kata-kata, sehingga oleh sejumlah pengunjung, Pulau Putri dikatakan sebagai sepotong surga yang ditempatkan Tuhan di ujung Kepulauan Bangka-Belitung.

Namun, menurut warga sekitar, untuk berkunjung ke pulau itu, ada beberapa hal yang harus dihindari, antara lain tidak bertingkah aneh dan tidak sopan, seperti mengeluarkan kata-kata kasar atau jorok. Bila dilanggar, jangan heran bila Anda langsung terkena teguran oleh sang putri atau wanita cantik yang diyakini sebagai penjaga Pulau Putri tersebut.

Teguran tersebut bentuknya bermacam-macam, antara lain adalah terjadinya kesurupan. Kesurupan itu diyakini, karena orang tersebut diganggu oleh sang putri dan para jin yang menunggu Pulau Putri.

Sekali peristiwa, pernah dikisahkan, terjadi kesurupan yang menimpa sekelompok pengunjung yang sedang camping di Pulau Putri itu. Saat itu, mereka bawa sound system dan memutar musik hingga tengah malam.


Menurut warga sekitar, dengan memutar musik hingga tengah malam tersebut, mereka telah mengusik kebaradaan para “penunggu” di pulau tersebut.
“Baca Juga Pantai Romodong

Komentar

News Feed