oleh

Seni Musik dan Tarian Kepulauan Bangka Belitung

Seni dan tari bangka belitung
seni dan tari
Seni Musik dan Tarian Kepulauan Bangka Belitung!
Seni Musik dan Tarian Kepulauan Bangka Belitung! Provinsi Bangka Belitung dengan ibukotanya yaitu Pangkal Pinang, terletak di pulau Bangka. Di bagian utara provinsi terdapat Laut Cina Selatan, bagian selatan adalah Laut Jawa dan Pulau Kalimantan di timur yang dipisahkan dari Belitung oleh Selat Karimata.
Sebagai provinsi kepulauan Bangka Belitung memiliki potensi besar di bidang wisata bahari. Hampir semua pantai di Kepulauan adalah pantai santai khas dengan pasir putih dan ombak yang sangat tenang. Pantai yang sangat landai masih sangat bersih dan alami karena tingkat polusi tanah dan air yang tidak terlalu besar di lingkungan pesisir. Berbagai seni musik tradisional di Bangka Belitung adalah sebagai berikut
Dambus
Musik tradisional bangka sangat kental dengan budaya Melayu. Salah satu instrumen kebanggaan wilayah Bangka adalah Dambus. Dambus adalah sejenis instrumen seperti gitar tetapi memiliki karakteristik dan suara yang berbeda dari gitar saat ini. Dambus biasanya digunakan untuk mengiringi acara tradisional, tarian, atau acara lainnya.
Rebana
Rebana juga merupakan salah satu alat musik tradisional Bangka Belitung. Alat musik yang satu ini sering dimainkan bersama dengan dambus juga. Instrumen ini berbentuk seperti drum dimainkan untuk mengiringi musik dan tarian dambus atau ditarik oleh Bangka. Alat musik yang masuk dalam kategori alat musik yang sering diputar di festival senior, pelafalan bacaan, atau menyambut tamu istimewa dengan konvoi tertentu.
Apa Saja Seni Musik dan Tarian Kepulauan Bangka Belitung?
Gendang Melayu
Gendang Melayu adalah instrumen yang terbuat dari kulit binatang seperti kerbau, kambing atau sapi. Drum Melayu adalah salah satu alat musik dalam keluarga drum, yang berasal dari suara fonograf. cara bermain disadap dengan kedua tangan.
Adapun Berbagai seni tari tradisional di Bangka Belitung adalah sebagai berikut.
Tari sekarputih sirih
Tarian sirih tradisional ditarikan dari 10 hingga 12 penari. Di antara para penari ini biasanya ada dua penari pria di belakang. penari membawa wadah berisi sirih sebagai tanda penghormatan kepada tamu-tamu penting yang datang pada acara besar yang diadakan oleh komunitas Belitung.
Tari Sepen
Tarian ini adalah tarian tradisional dari daerah Kepulauan Bangka Belitung yang sangat kental dengan budaya Melayu. Baik dari segi kostum, iringan dan beberapa gerakan di dalamnya. Tarian Sepen ini biasanya bahagia sebagai tarian selamat datang di resepsi untuk para tamu besar yang datang ke sana. (Dilansir dari id.wikipedia.org)

Budaya Kepulauan Bangka Belitung

Komentar

News Feed