oleh

Batu Baginde Belitung

Lokasi Puncak Bukit Batu Baginde ini berada tak jauh dari Pantai Penyabong. Itu berarti saya bisa sekalian berkunjung ke Pantai Penyabong terlebih dahulu. Selain itu, saya tahu kalau lokasinya berada di Desa Padang kandis, Kecamatan Membalong, 70 kilometer dari Tanjung Pandan.

Batu Baginde Belitung

 Tidak jauh dari Pantai Penyabong di kawasan Membalong, Belitung, terdapat sebuah pemandangan batu granit yang sangat besar dan menjulang tinggi seperti gunung. Batu ini dikenal dengan sebutan Batu Baginde.
Batu Baginde terdiri dari dua batu besar yang konon melambangkan pasangan. Masyarakat sekitar percaya bahwa kedua batu tersebut memiliki jenis kelamin pria dan wanita. Letak dua batu besar ini persis di dekat Gunung Baginda. Karenanya, masyarakat di Belitung menyebutnya Batu Baginde.
Konon, di sekitar lokasi Batu Baginde sering dijadikan sebagai tempat orang mencari pesugihan. Selain itu, Batu Baginde juga menjadi salah satu penanda kawasan selatan dari Pulau Belitung.

batu baginde belitung

Pemandangan di sekitar lokasi Batu Baginde terlihat begitu asri dengan banyaknya pepohonan besar yang mengelilinginya. Pengunjung juga dapat menaiki batu ini hingga ke atas dan menyaksikan pemandangan di sekitar Desa Tanjung Kandis tempat Batu Baginde berada
Susahnya Mencari Petunjuk Arah Ke Puncak Bukit Batu Baginde
Dari informasi yang saya dapatkan, seharusnya mencari lokasi Puncak Bukit Batu Baginde ini tidak terlalu susah. Namun faktanya, saya sampai harus bolak-balik beberapa kali untuk mencari tempat ini. Memang menemukan Bukit Baginde ini gampang sekali. Karena tempat ini merupakan batu granit raksasa yang terlihat dari jalanan utama. Selain itu ada papan petunjuk kecil bertuliskan “Gunung Baginde” di tepi jalanan utama yang beraspal. Atau kalian bisa juga menggunakan petunjuk lokasi Bukit Baginde di Google Maps.
Tips dari saya untuk mencari lokasi tempat ini, cari terlebih dahulu papan petunjuk kecil bertuliskan “Gunung Baginde”. Papan tadi akan kalian temui di tepi jalanan utama, tak jauh setelah bukit raksasa ini terlihat. Tenang saja, papan ini dapat dengan mudah ditemukan baik dari arah Tanjung Pandan, atau dari arah Pantai Penyabong. Dari situ masuk saja ke jalan kecil tak beraspal yang menuju ke area hutan kecil.
Sambil masuk agak kedalam, perhatikan sisi sebelah kiri kalian. Kira-kira sekitar beberapa puluh meter meter akan terdapat papan petunjuk yang lebih kecil lagi bertuliskan “Bukit Baginda”. Dari situlah jalur trekking menuju puncak bukit bisa dimulai. Buat yang pertamakali kesini mungkin bisa terlewat

batu baginde belitung

Tantangan pertama adalah pada bagian menaiki Batu Baginde hingga mencapai puncaknya.
Baca juga 

Vihara Dewi Kwan Im Belitung Timur

Komentar

News Feed