oleh

Menjadi anak rantau, Siapa takut?

Tanpa disadari kitapun tumbuh menjadi dewasa dan ketakutan itu muncul setelah kelulusan SMA telah tiba, apa yang harus dilakukan, mau kemana aku??????
Hidup jauh dari keluarga demi mengejar karir atau pendidikan memang sangat luar biasa, karena membutuhkan kesiapan fisik dan mental. Tinggal di luar provinsi, bahkan luar benua terkadang membuat kamu jadi lebih sensitif /sedih. 

Mengalami home sick dan bertahan dengan uang seadanya menjadi contoh dari hal-hal yang sering kamu alami selama di perantauan. Namun, sebenarnya banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menjadi anak rantau. Yang bisa di rasakan sebagai anak rantau seperti :

1. Belajar Atur Uang
Semenjak hidup jauh dari keluarga, sebisa mungkin kamu mengatur pengeluaran segala macam kebutuhan agar tetap bertahan hingga akhir bulan. Karena jika uang habis, rasanya malu untuk meminta lebih pada orang tua.

2. Cari Kerja Sampingan
Kebutuhan seorang anak rantau gak cuma makan dan minum aja. Ada kalanya kamu butuh sesuatu tapi terhalang oleh  budget bulanan yang diberi orang tua. Untuk mengatasinya, kamu mulai mempertimbangkan untuk bekerja paruh waktu menjadi tutor pelajaran, tour guide atau barista.

3. Belajar Lebih Mandiri
Hidup seorang diri menjadikan kamu pribadi yang lebih mandiri. Pekerjaan rumah seperti mencuci pakaian dan menyikat kamar mandi sudah biasa kamu kerjakan. Bahkan, seorang anak rantau bisa mengganti bohlam yang mati atau membetulkan atap yang bocor.

4. Punya Banyak Teman
Bertemu dengan orang baru setiap harinya membuat kamu menjadi seseorang yang supel. Apalagi jika kamu bergabung dalam komunitas anak rantau dari berbagai daerah. Kamu jadi mudah beradaptasi dengan latar belakang dan karakteristik orang yang berbeda-beda. Kenalanmu jadi makin banyak deh.

5. Makin Jago Memasak
Makan makanan instan akan berpengaruh pada kesehatanmu. Sebagai anak rantau yang ingin selalu sehat tetapi tetap hemat, memasak sendiri adalah solusi terbaik. Awal merantau, mungkin kamu hanya bisa memasak menu-menu yang mudah, lama kelamaan kreasi masakanmu makin beragam.

6. Pengalaman
Pengalamanmu sangat bermanfaat ketika kamu selesai mengikuti pelajaran ataupun sedang liburan kerja, kamu akan merasakan sangat beda ketika menginjak kakimu ke tanah kelahiranmu karena telah lama menjadi anak rantau dan banyak orang – orang yang berada disekitarmu bisa jadi sangat merindukanmu, tapi jangan takut kita pulang merantau jauhkan pikiranmu karena takut karena tidak membawa uang banyak, karena apa orang yang lebih dulu dari kita sangat mengetahui hal tersebut ketika mereka juga pernah menjadi anak rantau, perlihatkanlah perubahan – perubahan kecil saja dan tunjukkan seperti menyapa dan bersalaman serta dengan penuh kebahagiaan ketika menemui mereka, dan banyak hal yang harus kita sampaikan ketika kita berada di tanah rantau.

Hidup jauh dari  keluarga gak melulu menyedihkan kok. Justru kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih dewasa. Tetap semangat ya!

Komentar

News Feed