oleh

wow enaknya! Otak-otak makanan khas bangka

Bangka bukan hanya terkenal dengan pantainya yang indah, lautnya yg biru, pasir pantai yang bersih serta batu karang yang besar dan indah tapi juga makanan yang enak. 

Otak-otak makanan khas bangka

ada beberapa makanan yang cukup terkenal dan sangat mudah dijumpai untuk dicicipi di bangka antara lain : 1. otak-otak bangka  otak-otak khas bangka biasanya terbuat dari ikan tenggiri segar dan tepung pilihan terbaik sehingga bercita rasa enak. keahlian orang bangka dalam memainkan cita rasa masakan laut sudah tidak diragukan lagi. jika bertandang ke Bangka anda harus mencicipi otak-otak yang super yummmy ini. kuahnya atau yang sering disebut cuka otak-otak bangka ada 2 versi. Versi 1 terbuat dari belacan atau terasi khas bangka, dan versi 2 terbuat dari tauco. otak-otak yang enak berasal dari Belinyu (yang sudah penah saya coba)

Fjb-resep otak – otak khas bangka
Bahan:
1 kg daging ikan tenggiri
500 gram tepung terigu
Air es dingin secukupnya
300 gram bawang putih, haluskan
Garam secukupnya

Cara Membuat:
Daging ikan tenggiri dihaluskan terlebih dahulu dengan cara digiling halus.
Tambahkan air es dingin kedalamnya uleni dan aduk-aduk agar daging halus ikan tenggiri dan air es dinginnya tercampur rata, lalu tambahkan tepung terigu dan bawang putih kedalamnya dan tambahkan sedikit garam dan uleni lagi agar semuanya teraduk rata dan tentunya meresap.
Selanjutnya bentuk otak-otak sesuai dengan selera yang anda inginkan lakukanlah pada semua adonan sampai semuanya habis.
Rebus air sampai mendidih dalam panci, kemudian masukkan bentuk otak-otak tadi kedalamnya tunggu sampai bentuk otak-otaknya mengapung/matang baru kemudian diangkat. Tiriskan. 

Catatan: selain direbus bisa juga digoreng otak-otaknya sesuai dengan selera anda.

Otak-otak makanan khas bangka

Fjb-resep Kuah otak – otak khas bangka
Bahan Kuah Otak-otak:
10 sendok makan tauco manis
10 buah cabe merah keriting
10 buah cabe rawit merah
10 buah bawang putih
7 sendok Air jeruk kunci/cuka masak
2 balok gula merah
4 sendok makan gula pasir
Garam secukupnya
700 ml air

Cara Membuat Kuah Otak-otak:
Haluskan cabe merah keriting, cabe rawit merah, bawang putih sampai benar-benar halus dan tambahkan sedikit garam.
 Masukkan juga gula merah yang telah dihaluskan, lalu rebus semua campuran bumbu dan juga gula merah halus kedalam air yang sudah mendidih dan masak hingga benar-benar matang dan harum.
Masukkan lagi kedalamnya tauco manis, air jeruk dan gula pasir kedalamnya. Aduk rata dan masak hingga matang setelah matang angkat.
Kuah siap disajikan bersama dengan otak-otak khas Bangka.


Cara membuat Otak-otak diatas sangatlah mudah apalagi bahan-bahan untuk membuatnya semuanya tersedia dipasar tradisional ataupun toko.
Baca Juga 

Kerang Makanan Khas Bangka

Komentar

News Feed