oleh

Caranya Agar UMKM Mudah Memulai Bisnis!

Caranya Agar UMKM Mudah Memulai Bisnis! Dari kementrian Koperasi menjelaskan bahwa UMKM meupakan usaha dagang yang berjalan dengan menggunakan modal yang kecil.

Namun demikian, terkait kewajiban pajak kedua pihak belum mengetahui apakah ada pengenaan pajak bagi pelaku usaha mikro yang telah mendaftarkan diri. Dan berikut adalah bebrapa cara untuk memulai bisnis di UMKM dengan sangat mudah.
umkm

Apakah para pelaku mikro dan kecil cukup didaftarkan saja? Usahanya ini dibebaskan dari pajak. Tentu perlu pemikiran dan pertimbangan lebih lanjut,” ujar Sekretaris Kemenkop UKM Agus Muharram dalam keterangan tertulis dari Kemenkop UKM. Menurut Agus, jika usaha UMKM dibebaskan dari pajak, perlu pemikiran dan pertimbangan lebih lanjut. Pihaknya belum bertanya secara detail pada Ditjen Pajak bila didaftar melalui online terkena pajak atau tidak.
Bagaimana Cara untuk Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil?
Agus menjelaskan rencana dari Presiden Jokowi bahwa pelaku usaha mikro dan kecil cukup didaftarkan saja tanpa harus mendapat izin usaha dengan maksud untuk memberikan kemudahan berusaha bagi pelaku usaha tersebut. Sebab, jika ada investasi akan dapat menghambat berjalannya suatu usaha yang ingin menjadi sebuah bisnis sukses.
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM dan Koperasi M Lutfi juga mendukung rencana tersebut. Lutfi mengatakan anggota Kadin yang sebagian besar merupakan kelompok usaha mikro dan kecil ini harus cukup didaftar dan harus membuka diri untuk berkolaborasi dengan berbagai stakeholders guna mengembangkan usahanya sehingga bisa cepat naik kelas.
Pembicara lain, Waketum bidang Industri Kreatif Kadin Ariful Hidayat mengatakan, peluang pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia masih sangat besar. Beberapa cara yang dapat di jelaskan diatas suatu informasi yang dapat kita simak. 

Ide UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya

Maka, Erik menegaskan bahwa hanya dengan caa untuk memulai bisnis di UMKM dengan modal kecil dan sangat mudah, serta ada dua pilihan bagi pelaku UKM yang masih konvensional, yaitu berubah atau punah. Sehingga lanjut dia, pemanfaatan teknologi tidak bisa lagi dihindari. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk membuat semua para pengusaha dengan modal kecil dapat sukses.

Komentar

News Feed