oleh

Ide UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya

Ide UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya
Ide UKM Terbaik dan Cara Mudah Mengelolanya- Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia. Menurut Kementerian Koperasi dan UKM, sumbangan UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai angka 60,34 persen pada tahun lalu.

Artinya sekitar 60 persen nilai barang dan jasa yang diproduksi di Indonesia pada tahun tersebut berasal dari sektor UMKM. Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara mudah mengolah aplikasi penunjang jalannya UKM, ada baiknya mengenal apa itu UMKM. 
Fashion
Bagi Anda yang memiliki passion di bidang industri fashion, tidak perlu ragu jika Anda ingin mulai usaha kecil menengah di bidang fashion. Anda dpat menjual segala merek produk yang dapat Anda promosikan di segala situs internet. Merek-merek pakaian lokal pun kini juga banyak dicari oleh orang Indonesia.
Skin Care dan Kosmetik
Masih menurut laporan Kemenperin, 95 persen industri kosmetik nasional didominasi oleh industri kecil dan menengah. Menurut Menperin Airlangga Hartanto, pasar yang ditargetkan pun sekarang menjadi lebih luas, tidak hanya perempuan, tetapi laki-laki kini juga menjadi pasar potensial untuk industri kosmetik dan skin care.
Bagaimana Cara Mudah Membangun Bisnis UKM?
Selain itu, dari bahan kosmetik yang dapat kita pakai atau kita beli, terdapat produk yang berbeda-beda. Dengan itu kita harus selalu berhati-hati dalam membeli atau menjual segala produk apapun yang dijual secara online.
Digital Marketing Agency
Kini hampir semua pengalaman berbelanja dimulai dari mesin pencari Google atau media sosial. Bagi Anda yang memiliki keahlian di bidang digital marketing seperti Search Engine Optimization (SEO), content writing, copywriting, hingga website, membuka usaha kecil menengah di bidang ini disarankan.
Untuk usaha kecil menengah ini, Anda bisa menggunakan cara mudah yaitu menjual buku secara online saja atau bisa sekaligus membuat toko fisik. Namun, sebelumnya Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu, sehingga Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar daripada sebelumnya.

Komentar

News Feed