oleh

Momentum Pilkada dan Pilpres materi Peluang UMKM untuk Tumbuh Lebih Tinggi

Peluang UMKM untuk Tumbuh Lebih Tinggi- Di era perekonomian global dan domestik yang dinamis, ekonom menilai sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) akan dapat tumbuh lebih tinggi.

Hal itu dikatakan ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara dalam Entrepreneur Networking Forum yang digelar Bisnis Indonesia. Berikut peluang yang dimiliki oleh UMKM untuk dapat tumbuh lebih tinggi lagi daripada sebelumnya.
PILKADA DAN PILRES 2019, ajang debat umkm
Pilkada dan Pilpres

“Momentum pilkada dan pilpres juga diharapkan menjadi stimulus tersendiri bagi dunia usaha, seperti bisnis akomodasi dan perhotelan, makanan jadi, air minum dalam kemasan, biskuit dan rokok. Tapi bisnis yang sensitif terhadap regulasi seperti Batubara mungkin akan ada efeknya, mereka akan wait and see menunggu ketidakpasatian selama tahun politik,” ujar Bhima.
Dalam kesempatan yang sama, Business Strategy & Alignment Head Business Banking PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. (BTPN) Michael Jermia Tjahjamulia mengatakan bisnis yang berkaitan dengan leisure economy cukup prospektif di kota tersebut.
Bagaimana Cara UMKM Agar meningkat Tumbuh Lebih Tinggi?
Dari sisi perbankan, Michael mengatakan, pada dasarnya bank selalu mencari bisnis yang stabil ketika hendak memberi pembiayaan. Itu sebabnya, secara historis, eksposur bank di bidang usaha kreatif seperti restoran dan kafe tidak terlalu besar dibandingkan dengan sektor lainnya.
Inovasi Layanan
Lewat unit usaha BTPN Mitra Bisnis, pihaknya terus melakukan inovasi produk dan layanan perbankan untuk memenuhi kebutuhan usaha modal kerja dan investasi usaha nasabah, khususnya para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dengan omzet hingga Rp50 miliar per tahun.
Selain mengucurkan pembiayaan, lanjutnya. Unit usaha BTPN Mitra Bisnis juga memberikan dukungan solusi nonkeuangan untuk pengembangan kapasitas nasabah dalam menjalankan usaha. Serta pembukaan akses ke pasar yang lebih luas. Perwujudannya antara lain lewat Program Daya, yakni program pemberdayaan yang berkelanjutan dan terukut dari BTPN, antara lain lewat bentuk pelatihan.
Beberapa transaksi yang dapat dilakukan mulai dari cek informasi saldo dan transaksi. Hingga pengaturan rekening penerima favorit, multi dan single transfer dana. Serta transaksi supplier financing distributor financing. Selain faktor kemudahan. Beban-beban biaya yang timbul juga diklaim dan dapat membuat UMKM tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan layanan perbankan lain di ATM maupun jaringan kantor fisik.

Komentar

News Feed