oleh

LANJUT TIDUR SETELAH SHOLAT SUBUH! MERUPAKAN WAKTU

tidur, subuh
Di antara hal yang makruh menurut para ulama adalah tidur setelah shalat Shubuh hingga matahari terbit karena waktu tersebut adalah waktu memanen ghonimah (waktu meraih kebaikan dan keberkahan yang banyak.
Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang shalih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk (bekerja malam), mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barakah (banyak kebaikan).” (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah) .

Dan makruh sebaiknya sangat dihindari
Dari ‘Urwah bin Zubair, beliau mengatakan, “Dulu Zubair melarang anak-anaknya untuk tidur di waktu pagi.” Urwah mengatakan, “Sungguh jika aku mendengar bahwa seorang itu tidur di waktu pagi maka aku pun merasa tidak suka dengan dirinya”.
(HR. Ibnu Abi Syaibah 5: 222 no. 25442 dengan sanad yang shahih).
Yang dicontohkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum adalah setelah melaksanakan shalat subuh, mereka duduk berdzikir di masjid hingga matahari terbit.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mendoakan waktu pagi sebagai waktu yang penuh keberkahan. “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.”
(HR. Abu Daud no. 2606, Ibnu Majah no. 2236 dan Tirmidzi no. 1212)
Berdasarkan hal di atas, sebagian ulama salaf tidak menyukai tidur setelah shalat subuh.

Kesimpulannya, yang paling afdhol adalah menggunakan waktu pagi untuk aktivitas yang bermanfaat untuk dunia ataupun untuk urusan akhirat.
Bagi orang yang bekerja malam sebaiknya tidur setelah matahari terbit, sekitar jam 6 pagi ke atas (Fatwa Al Islam Sual Wa Jawab No.2063)
(Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah) .

Baca juga Selepas kebumikan, jangan buru-buru balik lagi, Tunggulah 10 – 15 menit

Hindarilah bergadang yang tidak perlu..
Semoga kita bisa meraih keberkahan di waktu subuh dan pagi hari. 
Aamiin.

Komentar

News Feed