oleh

Benteng Toboali Bangka selatan

Fjbbabel Wisata – Benteng Toboali menjadi salah satu destinasi sejarah yang ada di Bangka Selatan. Benteng ini dibangun pada 1825 sebagai basis pertahanan pemerintah kolonial Belanda.

Benteng Toboali terletak di Tanjung Ketapang, Toboali, Bangka Selatan. Untuk menuju kota ini dari Pangkal Pinang kamu perlu berkendara selama kurang lebih 2 jam setengah. Dengan kondisi jalan mulus, objek wisata sejarah ini memang patut dikunjungi.

Berlokasi di bukit dekat pantai yang berada di Kelurahan Tanjung Ketapang, destinasi sejarah ini tak jauh dari pusat kota. Pengunjung dapat mengulik sejarah masa lampau di bangunan ini serta menikmati pemandangan alam yang ada.

Salah satu yang menjadi tempat favorit pengunjung adalah akar pohon ketapang. Pohon ini menjadi spot foto terbaik yang memperlihatkan keindahan akar yang melapasi benteng bersejarah tersebut. Benteng ini juga memperlihatkan panorama Pantai Nek Aji dari atas bukit.

Selain menikmati keindahan alam, objek wisata ini bisa membawa kamu seolah kembali ke zaman kolonial. Benteng tersebut seolah menjadi saksi berdirinya kota Toboali.

Sejarah Benteng Toboali

Benteng Toboali merupakan peninggalan pemerintah kolonial Belanda. Dibangun pada tahun 1825 di sebuah bukit di pinggir pantai sebelah utara kelurahan Tanjung Ketapang, Toboali di Bangka Selatan. Jarak benteng dari pusat kota Toboali hanya sekitar 10 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Namun jarak dari Kota Pangkal Pinang sekitar 130 km jauhnya. Dari bukit yang berketinggian sekitar 18 meter itu, dapat dilihat pemandangan Pantai Bhayangkara atau yang lebih akrab di sebut warga setempat dengan Pantai Nek Aji.

Untuk melihat pantai, perlu sedikit masuk ke dalam, duduk di sebuah bebatuan, tepat di bawah pohon besar nan rindang. Ketika memasuki area benteng, kamu akan disambut oleh deretan anak tangga yang landai dan sebuah artefak berbentuk rudal tua yang dipasang mengarah ke langit di sisi kanan anak tangga.

Komentar

News Feed