oleh

Gurih Getas Khas Pulau Bangka dan bagaimana proses pembuatannya?

Fjbbabel Kuliner – Getas atau kretek memiliki rasa yang gurih saat dimakan. Cemilan ini sangat cocok dijadikan teman makan nasi atau kuliner berkuah. Getas juga bisa dimakan dengan cuka yang biasa disajikan bersama empek-empek.

Getas yang berbentuk bulat panjang, bahan bakunya berasal dari ikan segar. Memiliki bentuk bulat dan berwarna putih ini sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Bangka.

Proses pembuatan kerupuk ini tergolong mudah. Bahan baku seperti ikan dikerok menggunakan pisau dapur untuk selanjutnya dicampur dengan bahan-bahan lain seperti telur, garam dan tepung sagu.

Bahan baku ikan yang sudah dihaluskan dan dicampur bumbu, harus didiamkan selama satu hari di lemari pendingin. Setelah itu baru dicampurkan dengan bahan lain sehingga menjadi adonan.

Bahan-bahan yang telah berbentuk adonan kemudian dipotong-potong sesuai jenis kerupuk yang akan dibuat. Selanjutnya potongan-potongan bahan tersebut, akan berakhir di kuali penggorengan. Terakhir tambahkan lebel.

Nah fjbbabel kuliner – Getas / Kretekā€¦ jika Anda ingin dan pasti pingin dong untuk mencoba aneka jenis kerupuk getas / keretek ini, anda bisa mendapatkannya di toko-toko kuliner di berbagai pusat perbelanjaan atau anda bisa langsung berkunjung ke tempat pembuatannya seperti yang ada di Desa Kurau Barat, Bangka Tengah dan masih banyak tempat rumah industri pembuatan getas / kretek ini.

Komentar

News Feed